“E-MARCENAS” Hasil Kolaborasi Dosen dan Mahasiswa Statistika Unair sebagai Salah Satu Upaya untuk Mengendalikan Angka Inflasi Volatile Food

Penelitian menjadi salah satu bagian penting dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi. Selain untuk memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi, keterlibatan dosen dan mahasiswa dalam penelitian diharapkan mampu meningkatkan kualitas diri maupun kualitas dari prodi Statistika Universitas Airlangga. Dosen dan mahasiswa Prodi Statistika Unair berkolaborasi dalam penelitian ilmiah pada rumpun bidang ilmu Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA). “Aplikasi “E-Marcenas” Untuk Memprediksi Harga Komoditas Strategis Nasional Berdasarkan Perbandingan Analisis Runtun Waktu Secara Nonparametrik” menjadi konsep penelitian yang dilakukan oleh tiga dosen dan empat mahasiswa Prodi Statistika Unair.

Dosen yang terlibat dalam kolaborasi penelitian ini adalah Elly Pusporani, S.Si., M.Stat, Drs. H. Sediono, M.Si, dan Dr. M. Fariz Fadillah Mardianto, S.Si., M.Si. Sedangkan nama-nama mahasiswa yang ikut serta dalam penelitian ini adalah Aulia Rachma Firdausy, Ameliatul ‘Iffah, Erly Widyatama dan M. Fatkhul Huda, mahasiswa Prodi Statistika angkatan 2019. Kerjasama antara dosen dan mahasiswa menjadi sesuatu yang harus dilakukan dalam hal pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dosen umunya memiliki konsep, teori dan metodologi penelitian yang baik sedangkan mahasiswa memiliki waktu yang lebih banyak untuk mengeksplorasi permasalahaan yang ada di masyarakat sehingga hal ini menjadi modal yang luar biasa untuk berkolaborasi menciptakan suatu inovasi. Mahasiswa yang ikut serta dalam penelitian ini melaksanakan penelitian tetap dengan arahan dari dosen peneliti.

Konsep penelitian ini adalah menciptakan inovasi dan pengembangan IPTEKS dengan melakukan pemodelan untuk memprediksi harga komoditas strategis nasional menggunakan analisis runtun waktu nonparametrik.

“Inovasi dalam penelitian ini didasarkan pada perkembangan harga komoditas pangan domestik maupun perkembangan harga komoditas pangan internasional yang mempengaruhi besarnya inflasi volatile food. Dengan adanya penelitian ini akan diketahui hasil prediksi harga komoditas strategi nasional periode kedepan, sehingga dapat menjadi bahan pertimbangan pemerintah untuk merumuskan suatu kebijakan” ujar Aulia salah satu mahasiswa dalam penelitian ini.

Dampak dari pandemi Coronavirus Disease-2019 (Covid-19) terus mempengaruhi inflasi di Indonesia khususnya inflasi volatile food. Oleh karena itu, perlu dilakukan prediksi harga komoditas strategis nasional untuk mengendalikan angka inflasi, khususnya inflasi volatile food, pada tingkat yang rendah dan stabil.

Mengingat kondisi pandemi Covid-19, penelitian ini dilaksanakan secara hybrid. Penelitian tersebut dilaksanakan selama 10 bulan dengan data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh melalui website PIHPS Nasional. Selanjutnya, data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode non parametrik guna mendukung inovasi aplikasi “E-MARCENAS”.

E-MARCENAS merupakan nama inovasi platform digital berupa aplikasi yang mampu memprediksi harga komoditas strategis nasional untuk periode selanjutnya dengan menggunakan hasil prediksi yang terbaik antara metode Neural Network dan estimator deret Fourier secara simultan. Platform ini juga dilengkapi informasi harga komoditas strategis nasional dengan basis data official dari PIHPS yang dapat diakses dengan bebas (open access).

“Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran umum tentang harga komoditas strategis nasional; membentuk model deret Fourier; membentuk arsitektur Neural Network; membandingkan performa kedua model berdasarkan nilai Mean Squared Error (MSE); serta menentukan konsep dan membuat rancangan ”E-MARCENAS” dalam upaya membantu pihak terkait untuk memprediksi harga komoditas strategis nasional berdasarkan perbandingan metode yang terpilih. Selain itu, “E-MARCENAS” juga mengintegrasikan data official dari PIHPS untuk komoditas strategis nasional” ujar Elly Pusporani.

Ia juga mengatakan, penelitian ini penting dilakukan sebagai bentuk upaya menunjang stabilitas ekonomi dan ketahanan pangan dan juga untuk mengendalikan inflasi sebagai upaya mendukung peningkatan kualitas bangsa menuju Indonesia mandiri pada umumnya, dan pengembangan riset serta pelayanan Universitas Airlangga pada khususnya.

Disisi lain, M. Fariz Fadillah Mardianto sebagai salah satu dosen yang ikut terlibat dalam dalam penelitian ini juga berharap hasil penelitian kolaborasi dosen dan mahasiswa ini memiliki dampak akademis bagi pengembangan keilmuan, dan perumusan evaluasi kebijakan pemerintah terkait harga komoditas strategi nasional serta memberikan motivasi bagi mahasiswa untuk terus berinovasi untuk memberikan kontribusi kepada perguruan tinggi dan pemerintah.

Ketua tim peneliti Elly Pusporani menyampaikan bagian dari kegiatan penelitian ini menghasilkan pemodelan prediksi harga yang diimplementasikan pada aplikasi E-MARCENAS. Hal ini merupakan kebaruan (state of the art) dari penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model deret Fourier merupakan model terbaik untuk memprediksi harga komoditas strategi nasional, sehingga aplikasi E-MARCENAS dirancang untuk membuat fitur prediksi dengan model deret Fourier. Selain aplikasi, output lain yang dihasilkan dari penelitian ini adalah publikasi pada jurnal internasional terindex scopus yaitu Communiactions in Mathematical Biology and Neuoroscience. Melalui penelitian ini, diharapkan mampu membantu pihak terkait untuk mengetahui hasil prediksi harga komoditas strategi nasional sehingga dapat menunjang stabilitas ekonomi khusunya ketahanan pangan nasional.

Penulis: Elly Pusporani, S.Si., M.Stat.

Lebih lanjut: Publikasi Jurnal Internasional: https://doi.org/10.28919/cmbn/7712

bRimPrIg

https://www.jasaarsitekmalang.net/

Tinggalkan Balasan