Kesenian Tradisional Bali Yang Sangat Terkenal

Kesenian Tradisional Bali

Kesenian Tradisional Bali Yang Sangat Terkenal – Bali memiliki keunikan pada tradisi dan budaya tradisional nya. Provinsi Bali atau yang di sebut Pulau Dewata ini memiliki beragam jenis Tradisi dan keindahan alam yang tidak di ragukan lagi. Keindahan alam dan Budaya Tradisional yang masih kental ini menjadi sebuah daya tarik wisatawan untuk berkunjung.

Kesenian yang sangat unik dan menarik untuk di lihat secara langsung bahkan bisa ikut serta menjadi bagian dalam acara tradisi tersebut membuat semua orang ingin berkunjung ke bali. Bahkan ada saja wisatawan yang tidak ingin pergi dari bali karena sudah terlalu nyaman oleh kulture nya yang sangat ramah dan unik tersebut.

Budaya bali bisa kalian rasakan di perkotaan bahkan sampai ke daerah perdesaan di pulau tersebut. Anda tidak akan asing melihat karya seni yang indah saat berkunjung ke Bali. Seperti Ukiran Patung, Lukisan, Pakaian tradisional bali dan yang sangat umum yaitu ucapan selamat datang dari orang bali yaitu Om Swastiastu. Kalian akan mendapatkan pengalaman terindah saat berkunjung ke bali. Tetapi apakah kalian tau tradisi unik apalagi yang ada di sini? Mari simak Kesenian Tradisional Bali Yang Sangat Terkenal, berikut rangkuman nya :

Tari Pendet

Tarian Tradisional Bali ini menjadi sebuah Tarian yang sangat identik dengan wanita melakukan gerakan dengan mata yang tajam melirik ke kiri dan kanan. Tarian ini bertujuan untuk menyambut Dewa atau Tuhan yang sudah turun ke bumi, biasanya tarian ini di barengi oleh upacara keagamaan umat hindu di bali.

Tetapi dengan seiring nya waktu tarian ini menjadi populer dan beralih fungsi menjadi tarian penyambut turis maupun tamu jika berkunjung. Dengan banyak nya jenis tarian ini di berbagai negara Malaysia mencoba coba untuk mengklaim tarian ini sebagai dari budaya nya. Dengan ini sebagai anak muda kita harus mengembangkan tarian tradisional ini agar tidak punah di makan waktu.

Tari Janger

Tari Janger merupakan sebuah tarian rakyat bali yang sering kalian jumpai di bali. Pada tahun 1930 an tarian ini di ciptakan berdasarkan pergaulan anak muda mudi dalam sebuah pementasan meriah sambil bernyanyi secara bersahut sahutan. Karena keseruan nya ini tari janger menjadi pusat perhatian turis maupun lokal dan menjadi hiburan wisatawan saat berkunjung.

Dengan begitu populer nya tarian ini, semua anak muda sekolah pun sering di pentaskan dalam acara acara besar maupun kecil. Tari kesenian rakyat ini identik dengan tari anak anak yang berkelompok lebih dari 10 sampai 16 orang yang saling bersingkronasi menari dan bernyanyi.

Wayang Kulit

Wayang kulit menjadi kesenian tradisional berikut nya yang menjadi sebuah daya tarik jika kalian berkunjung ke bali. Mungkin akan jarang kalian temukan karena kesenian ini sudah jarang di lakukan seiring berkembang nya teknologi TV. Karena pementasan wayang kulit ini di pentaskan sebagai penghibur bagi masyarakat sekitar di barengi dengan upacara keagamaan.

Tari Kecak

Bila mendengar tari kecak pasti sudah tidak asing dengan pulau bali. Karena tari ini terkenal dengan pertunjukkan oleh puluhan penari lelaki yang duduk membuat lingkaran sambil bersuara “cak cak cak ee”. Pergerakan tangan bergerak ke atas dan memakai pakaian tradisional yang sangat ikonik.

Tujuan dari pertunjukan Tari Kecak adalah  komunikasi dengan Tuhan dan roh-roh nenek moyang dalam menyampaikan semua harapan-harapan. Tari Kecak menceritakan cerita Ramayana. Di mana waktu Rama berusaha menyelamatkan Shinta, Rama ditolong oleh puluhan kera untuk melawan Rahwana.

bRimPrIg

https://www.jasaarsitekmalang.net/