Mitologi Aztek dan Dewa Terpenting Pada Suku Tersebut

Mitologi Aztek dan Dewa Terpenting Pada Suku Tersebut

Mitologi Aztek dan Dewa Terpenting Pada Suku Tersebut – Pada Mitologi Aztek yang menjadi berbagai mitos pada peradaban bangsa aztek di negara meksiko tengah. Nahuatl adalah bahasa dari penuturan bangsa Aztek yang menjadi sebuah komunikasi di meksiko tengah tersebut. Mitologi pada bangsa aztek ini memiliki kemiripan terhadap Mitologi Mesoamerika pada legenda nya.

Sejarah asal-usul bangsa Aztek tidak di ketahui secara pasti karena berbagai informasi tentang perkembangan suku ini sangat luas. Ada banyaknya laporan tentang asal usul bangsa ini. Sebuah mitos tetua dari nenek moyang Aztek berasal Aztlan yang merupakan sebuah tempat di daerah utara.

Nahuatlacas (suku berbahasa Nahuatl, dari tlaca, “manusia”) yang terakhir dari tujuh nahuatlacas yang ada dalam melakukan perjalanan ke selatan, sehingga nama mereka disebut “Azteca. Untuk sebuah cerita lagi dari Chicomoztoc yang menyebutkan “tempat dari tujuh gua,” atau di Tamoanchan (asal usul legendaris semua peradaban) pada peradaban nya.

Tonatiuh

Dewa Tonatiuh di sebut sebagai Dewa Matahari dalam suku Aztec yang menggambarkan kehangatan dan kesuburan bagi mereka. Bangsa aztek harus memeberikan berkah kepada dewa matahari berupa pengorbanan manusia. Jika tidak mendapatkan pengrobanan tersebut Suku Aztek takut Tonatiuh tidak akan memunculkan cahayanya.

Quetzalcóatl

Quetzalcóatl di sebut juga sebagai Dewa kehidupan, cahaya, kebijaksanaan, kesuburan dan pengetahuan, pelindung hari dan angin pada kepercayaan suku Aztek. Dan di percaya sebagai penguasa barat yang di anggap sebagai Ulat Berbulu pada kepercayaan nya.

Dewa ini memiliki peran yang sangat penting bagi suku Aztek. Dan dari beberapa legenda di kenal sebagai dewa utama panteon ular dalam dualitas kondisi manusia dan memiliki bulu karena memiliki roh agung.

Metztli

Metzli menjadi salah satu dewa yang paling di segani dan penting oleh suku Aztec, karena Dewa Metzi mendominasi air dengan ular. Kekuatan dewa Metzi ini menyebabkan badai atau banjir, tetapi juga bisa menjadi sumber kebahagiaan dan berkah, dan mewakili cinta ibu dengan rok penuh tulang.

Huitzilopochtli

Dewa Huitzilopochtli (Hummingbird Kiri) adalah dewa pelindung bagi suku Aztec. Selama perjalanan migrasi besar dari Aztalan, Huitzilopochtli mengatakan suku Aztec harus membangun ibukota mereka Tenochtitlan dan mendesak mereka dalam perjalanan mereka.

Namanya berarti  dan dia adalah pelindung perang dan pengorbanan. Makamnya, di atas piramida Walikota Templo di Tenochtitlan, dihiasi dengan tengkorak dan dicat merah untuk mewakili darah.

bRimPrIg

https://www.jasaarsitekmalang.net/