Respon Pasar Keuangan Terhadap Pandemi COVID-19

Fluktuasi pada pasar saham dipengaruhi oleh peristiwa besar dan tingginya ketidakpastian, salah satunya adalah pandemi COVID-19. Dampak pandemi terhadap pasar saham telah dibahas pada berbagai penelitian. Namun, terdapat kebutuhan untuk menentukan sejauh mana perkembangan penelitian pada pasar saham serta membuat pemetaan pada penelitian kontemporer dengan mengambil perspektif holistik dari penelitian terdahulu. Hal ini penting karena pasar saham sensitif terhadap guncangan dan ketidakpastian ekonomi, sosial, alam, politik, dan lingkungan. Informasi tentang tren, tema/perdebatan terkini, dan prediksi masa depan menjadi penting untuk diketahui demi membantu para investor mengambil keputusan yang tepat dalam membeli, menjual, atau menahan portofolio investasi sesuai dengan situasi dan kondisi pasar. Selain itu, proyeksi terhadap pasar saham dapat membantu pemerintah dalam membuat kebijakan terbaik demi menciptakan stabilitas keuangan dan ekonomi negara.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkonsolidasikan dan membuat pemetaan literatur yang diterbitkan tentang dampak krisis COVID-19 di pasar saham global untuk mendapatkan implikasi manajerial dari krisis tersebut. Dalam rangka menjawab tujuan penelitian tersebut, penelitian ini menggunakan tinjauan bibliometrik tematik dari literatur yang diterbitkan di jurnal terindeks Scopus yang terbit sejak awal pandemi menggunakan Metadata, Pie Charts, dan VOSViewer. Penelitian ini kemudian mengidentifikasi wilayah (regions) yang paling banyak diteliti dan memetakan konsentrasi topik/tema penelitian pada penelitian terdahulu.

Studi ini memiliki kontribusi yang signifikan dalam pengembangan literatur. Pertama, penelitian ini merupakan penelitian pionir untuk mengkonsolidasikan literatur berkualitas tentang dampak COVID-19 di pasar saham. Selain itu, penelitian ini membuat rekomendasi kebijakan konsolidasi dalam upaya koordinasi global terhadap penanganan dampak krisis COVID-19 terhadap pasar saham.

Penelitian ini menemukan delapan sub-tema yang menjadi perkembangan terkini penelitian pada pasar modal serta arah penelitian masa depan khususnya di wilayah Amerika Selatan, Afrika, Asia Tenggara, dan Oseania sampai krisis berlanjut. Kedelapan sub-tema tersebut meliputi “Market Behavior Return, Liquidity & Volatility”, “Forecasting”, “Corporate Moves and Stock Returns”, “COVID News & Media”, “Safe Haven”, “Culture and COVID-19”, “Herding Spill Over & Connectedness”, dan “Government Reaction”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tema yang menjadi benchmark pada topik ini adalah perilaku pasar selama krisis COVID-19, sedangkan tema yang sedang berkembang adalah pasar dan yang akan berkembangan di masa depan adalah topik pasar saham pasca krisis COVID-19. Selain itu, pandangan holistik hasil analisis literatur yang terdiri dari delapan subtema menunjukkan bahwa peran pemerintah sangat penting untuk menangani dampak krisis COVID-19. 

Selain itu, hasil analisis menunjukkan bahwa wilayah yang paling banyak diteliti adalah Amerika Utara, diikuti oleh Asia Timur, dengan mayoritas penelitian berfokus pada Cina. Tinjauan literatur menunjukkan bahwa penelitian kontemporer lebih berfokus pada periode awal pandemi, yaitu periode antara Januari hingga Mei 2020. Lebih lanjut, masih sedikit penelitian dilakukan untuk membuat perbandingan krisis COVID-19 dengan krisis global, seperti krisis keuangan tahun 2008 dan krisis lainnya.

Penelitian ini memiliki beberapa keterbatasan diantaranya adalah penggunaan database yang hanya berfokus pada Scopus dan Web of Science (WOS). Penelitian lanjutan dapat mengambil database yang lebih komprehensif, seperti pengambilan manuskrip dari Google Scholar. Keterbatasan lainnya adalah periode penelitian yang terbatas. Karena sifat pandemi yang kurang dari 2 tahun saat ini, maka naskah yang diterbitkan hanya antara tahun 2020 dan 2021. Oleh karenanya, diperlukan upaya yang kontinu untuk selalu melakukan pembaharuan topik di tahun-tahun mendatang.

Penulis: Bayu Arie Fianto, S.E., MBA., Ph.D.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat membaca penelitian ini pada link berikut:

http://dx.doi.org/10.28991/ESJ-2023-SPER-03

Fianto, B.A., Ridhwan, M.M., Shah, S.A.A., Faris, M., Ruslan, R.A.H.M. Response of Financial Markets to COVID-19 Pandemic: A Review of Literature on Stock Markets. Emerging Science Journal. http://dx.doi.org/10.28991/ESJ-2023-SPER-03

bRimPrIg

https://www.jasaarsitekmalang.net/

Tinggalkan Balasan