Teater Gapus FIB UNAIR Gelar Pentas Keliling di Kota Pasuruan 

UNAIR NEWS – Teater Gapus Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga (FIB UNAIR) kembali mengadakan pentas keliling di Gedung UNIWARA Kota Pasuruan pada Rabu (16/11/2022). Pentas itu diadakan dalam rangka menyambut Festival Seni Sastra Pertunjukan Avant-Garde (FESSPA) yang akan dilaksanakan pada akhir Desember mendatang. FESSPA sendiri dilaksanakan setiap dua tahun sekali sebagai agenda perayaan ulang tahun Teater Gapus FIB UNAIR.

Naskah C4 Bertema Absurditas dan Eksistensial

Dalam pentas keliling di Kota Pasuruan tersebut, Teater Gapus FIB UNAIR membawakan naskah C4 yang mengusung tema absurditas dan eksistensial. Naskah yang dikerjakan selama tiga bulan itu disutradarai oleh Adnan Guntur dan asisten sutradara Meilisa Dwi Ervinda. Selain itu, aktor dalam naskah tersebut yaitu Regina Nirmala Jawa dan Jagad Marsela Eka Puti.

Di balik naskah C4 yang unik itu terdapat tim artistik dan tim wardrobe yang handal. Anggota tim artistik antara lain Aulia Destya Putri, Fitri Aljazera, Mushokhifa, dan Henik Fuji Rahmawati. Sedangkan anggota tim wardrobe yaitu Retno Asih Firnanda dan Azzahra Dewa Isatilova.

Selain itu, terdapat juga tim tata panggung dan lampu yaitu Abdul Rahma Oka Fahrudzin, Velina Chandra Azzahra, dan Navara Darisya Salma. Terakhir, terdapat pula tim kreatif yaitu Tsai’in Raihan Frimansyah.

“Kami menceritakan tentang pengembalian kekuasaan dalam kebijaksanaan sebagai makhluk yang datang dari suatu yang tak berbentuk hingga ke berbentuk. Pemikiran dan gerak menjadi titik pusat yang padu dan stabil, membuat gerak stagnasi menjadi geseran arah dalam menentukan pola-pola. Dobrakan, penantian, dan kembali,” terang Adnan

Pentas Keliling Selanjutnya

Selain Teater Gapus FIB UNAIR, terdapat sejumlah grup teater lain yang ikut tampil dalam pentas keliling. Mereka adalah Teater Akal, Teater Otak Kanan Laboratory, Teater Srikandi, dan Teater On.

Meskipun Teater Gapus FIB UNAIR menjadi satu-satunya grup teater yang berasal dari luar Kota Pasuruan, sambutan penonton sangat meriah.

“Kami tidak pernah membayangkan akan begitu ramai, karena bentuk pementasan yang dihadirkan berbeda dengan kelompok lain. Namun dari segi antusiasme penonton sangat bagus dan terhibur,” jelas Adnan.

Oleh karena itu, Adnan menyampaikan bahwa kedepannya Teater Gapus akan melakukan pentas keliling di Kota Sidoarjo dan Kota Surabaya. “Tempat pentas keliling lainnya akan segera kami kabarkan melalui laman Instagram @teatergapussby,” terangnya. (*)

Penulis : Tristania Faisa Adam

Editor : Binti Q Masruroh

bRimPrIg

https://www.jasaarsitekmalang.net/

Tinggalkan Balasan