Kumpulan Hot News Dunia & Informasi Terupdate dan Viral di Indonesia

Tips Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita Menjelang Hari Perempuan Internasional

Tips Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita

Tips Menjaga Kesehatan Reproduksi Menjelang Hari Perempuan Internasional – Hari Perempuan Internasional akan jatuh pada setiap tanggal 8 maret. Tema Hari Perempuan Internasional 2022 yang di ambil ini berkaitan dengan kesetaraan gender dalam konteks krisis iklim dan pengurangan risiko bencana. Tapi dalam segi kesehatan, Perempuan juga harus selalu menjaga kesehatan yang selalu di utamakan.

Bagi wanita yang tengah merencanakan kehamilan mungkin akan lebih menjaga kesehatan pada reproduksi nya. Karena gangguan pada sistem reproduksi bisa sangat berakibat fatal, salah satunya memicu gangguan seksual hingga sulit untuk hamil. Terus hal apa saja yang di lakukan agar kesehatan organ intim dan sistem reproduksi wanita agar selalu sehat terjaga?

Menjaga kesehatan reproduksi wanita bisa dilakukan dengan berbagai cara, di antaranya dengan menghindari perilaku seks yang memiliki risiko tinggi, harus membersihkan organ-organnya dengan baik, dan menjalani pola hidup sehat. Jika kamu menjaga kesehatan organ-organ reproduksi itu juga akan menurunkan risiko kamu terkena berbagai penyakit menular seksual hingga kanker serviks.

Tips Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita 

Merawat Kebersihan Organ Intim Dengan Baik

Tips Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita yang pertama adalah merawat kebersihan alat kelamin adalah salah satu bentuk komitmen dalam menjaga kesehatan reproduksi. Jika Organ intim kotor besar kemungkinan meningkatkan risiko penyakit yang dapat mengganggu kerja sistem reproduksi.

Makanan Sehat 

Konsumsi makanan sehat dan bergizi yang cukup dapat membantu menjaga kesehatan organ reproduksi. Wanita di sarankan untuk mengonsumsi makanan yang banyak mengandung protein, lemak sehat, antioksidan, serat, vitamin, dan mineral.

Hindari Minuman Beralkohol

Meminum minuman beralkohol juga dapat mempengaruhi kesehatan organ reproduksi wanita. Karena kandungan alkohol yang bisa meningkatkan risiko terjadinya gangguan ovulasi pada organ reproduksi wanita . 

Jangan Merokok

Untuk wanita sebaiknya berhenti merokok karena merokok dapat mengurangi jumlah dan kualitas sel telur, serta mengganggu kesehatan rahim. 

Cukup Istirahat dan Kelola Stres 

Melakukan istirahat yang cukup dan juga dapat mengelola stres. Di sarankan untuk tidur setidaknya 7-9 jam setiap malamnya karena tubuh mendapatkan istirahat yang cukup. Dan juga coba melakukan relaksasi di rumah maupun di luar ruangan atau hal-hal yang membuat Anda senang, misalnya jalan-jalan, olahraga, mencoba pijatan, atau yoga.

Exit mobile version